admin's blog

Pelaku E-Commerce Dukung Aturan Pajak, Rabu, 17 Januari 2018

  • Harian Kontan
JAKARTA. Pebisnis e-commerce mengaku bila pemerintah akan mendata para pelaku e-commerce untuk mengetahui produk yang dijual di situs belanja. Termasuk, jenis produk lokal dan barang impor. Ini terkait rencana pemberian pajak lebih kecil bagi UKM yang menjajakan produk lokal ketimbang impor di pajak e-commerce yang tengah disusun.

Sebaian besar penjual di beberapa e-commerce dari lokal.

Ditjen Pajak Atur Laporan Pajak Anak Usaha Perusahaan Global, Rabu, 17 Januari 2018

  • Harian Kontan
JAKARTA. Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemkeu) menerbitkan Peraturan Direktur Jenderal (Perdirjen) Pajak No 29 tahun 2017 tentang Tata Cara Pengelolaan Laporan per Negara atau yang biasa disebut country by country report (CbCR).

Beleid anyar ini merupakan aturan turunan dari Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 213/PMK.03/2016, yang mengatur soal antisipasi upaya penghindaran pajak yang dilakukan perusahaan dengan menggunakan harga transfer atau transfer pricing.

Ditjen Pajak Telisik Realisasi Repatriasi, Selasa, 9 Januari 2018

  • Harian Kontan
JAKARTA. Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak akan meneliti realisasi hasil kebijakan repatriasi yang digulirkan dalam program pengampunan pajak pada tahun lalu. Ditjen Pajak berencana menindaklanjuti wajib pajak (WP) yang tidak merealisasikan komitmen repatriasinya.

Berdasarkan data Ditjen Pajak hingga akhir Desember 2017, realisasi repatriasi amnesti pajak baru Rp 138 triliun atau 93,87% dari total komitmen repatriasi yang sebesar Rp 147 triliun. Jumlah itu berasal dari 3.200 WP.

Aturan Akses Data Nasabah Digugat Lagi, Jum'at, 5 Januari 2018

  • Harian Kontan
JAKARTA. Pembukaan data nasabah industri keuangan untuk keperluan pajak terus digugat. Kini, Undang-Undang No 9/2017 tentang Akses Informasi Keuangan kembali digugat melalui judicial review atau uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Sidang perdana uji materi ini akan digelar Rabu (9/1). Adalah Fernando M Manullang yang mengajukan uji materi UU No 9/2017 ke MK. Fernando sempat mengajukan uji materi UU ini namun mencabut gugatan pada akhir November 2017. Dia kembali mengajukan uji materi pada 22 Desember 2017.

Saudi Tarik Pajak dan Naikkan Harga BBM, Rabu, 3 Januari 2017

  • Harian Kompas
RIYADH, SELASA — Negara-negara Arab mulai menerapkan berbagai langkah menyeimbangkan neraca keuangan. Selain mulai menarik pajak, Arab Saudi menaikkan harga bahan bakar minyak hingga 127 persen dan menambah utang 100 miliar dollar AS.

Ruang Gerak Pengemplang Pajak Dipersempit, Rabu, 3 Januari 2017

  • Harian Kompas
JAKARTA, KOMPAS — Realisasi penerimaan pajak sepanjang 2017 tidak memenuhi target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan. Untuk mencegah kegagalan ini kembali terulang, pemerintah akan memastikan perangkat hukum mempersempit ruang gerak pengemplang pajak.

Inilah Rapor Anggaran Negara 2017, Rabu, 3 Januari 2017

  • Harian Kontan
Meskipun masih di bawah target, pencapaian dan realisasi target APBN-P 2017 meningkat dibandingkan tahun 2016
 
JAKARTA. Walau masih ada yang di bawah target, pemerintah mengaku puas dengan realisasi Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) tahun 2017. Sebab, pencapaian target-target di beleid anggaran tahun lalu lebih tinggi dibandingkan dengan tahun 2016.

Hanya Dua Kanwil Pajak Memenuhi Target, Senin, 2 Januari 2018

  • Harian Kontan
KANTOR Wilayah Pajak Banten dan Kanwil Pajak Jawa Timur III menjadi juara penerimaan pajak tahun 2017. Sebab dari 33 Kanwil Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak di seluruh Indonesia, dua Kanwil tersebut yang berhasil melampaui target.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Meminta Ditjen Pajak Menindak Tegas Para Pengemplang Pajak, Senin, 2 Januari 2018

  • Harian Kontan
JAKARTA. Penerimaan pajak tahun 2017 kembali gagal mencapai target. Untuk mencegah terulangnya kegagalan tersebut, maka Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menginstruksikan kepada jajaran Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak bersikap tegas terhadap pengemplang pajak.

Simak Agenda Penting Pajak Dan Cukai 2018, Senin, 2 Januari 2018

  • Harian Kontan
JAKARTA. Tahun ini, sejumlah agenda penting dan regulasi pajak dan cukai mulai berjalan. Salah satu agenda besar yang berjalan adalah pertukaran data keuangan otomatis untuk kepentingan perpajakan atau dikenal dengan Automatic Exchange of Information (AEoI).

Aturan ini tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 9/2017 tentang Pertukaran Informasi Keuangan untuk Perpajakan. Beleid ini mewajibkan seluruh lembaga keuangan untuk menyetorkan data nasabahnya ke Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak.

Syndicate content